SELAMAT DATANG

Selamat menikmati artikel-artikel hasil copy & paste (Copas) berikut, semoga dapat menambah wawasan bagi pribadi yang ingin berkembang.

Wednesday, July 13, 2011

Keyakinan penting dalam pengobatan

Echinacea, herbal

Obat herbal Echinacea digunakan orang Indian di Amerika Utara untuk mencegah infeksi
Keyakinan dan perasaan seseorang terhadap pengobatan semestinya lebih dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan medis, kata tim peneliti Amerika.
Tim peneliti tersebut mengadakan uji coba terstruktur (structured trial) terhadap lebih dari 700 orang yang menderita masuk angin biasa yang tidak ada obatnya.
Hasil penelitian mereka telah diterbitkan dalam laporan ilmiah di jurnal Annals of Family Medicine.
Mereka mendapati bahwa orang-orang yang diberi pil akan menderita masuk angin dalam jangka waktu yang lebih pendek dan lebih ringan jika dibandingkan dengan orang-orang yang sama sekali tidak meminum pil.
Tim peneliti mengatakan sebagian orang yang ikut dalam uji coba tersebut diberi echinacea, suatu jenis obat herbal yang populer di beberapa negara.
Mereka yang yakin dengan keampuhan echinacea pulih lebih cepat daripada yang tidak percaya dengan kemujaraban obat tersebut.
Namun, pemulihan tercepat teramati pada orang-orang yang mempercayai keampuhan echinacea, meski sebenarnya mereka tidak meminum obat herbal tersebut dan hanya meminum placebo --obat yang sebenarnya tidak memiliki khasiat penyembuhan medis.
Efek placebo --yang terjadi ketika orang menjadi lebih baik sebab mereka mengira pil yang mereka minum ampuh untuk mengatasi gangguan kesehatan yang mereka alami-- sudah lama diakui oleh kalangan dokter dan peneliti medis.

Source : bbc.co.uk/indonesia