SELAMAT DATANG

Selamat menikmati artikel-artikel hasil copy & paste (Copas) berikut, semoga dapat menambah wawasan bagi pribadi yang ingin berkembang.

Friday, February 10, 2012

5 Tips Penting Meniti Kebebasan Finansial Sejak Kini


Kebebasan Finansial didambakan banyak pihak, secara sederhana sering diumpamakan, muda kaya mati masuk surga. Mudah mengatakan tetapi sulit untuk mewujudkannya. Untuk urusan surga bukan dalam kapasitas saya.  Dalam kesempatan singkat ini, saya mau sharing berdasarkan pengalaman yang lagi dijalankan, hasil berguru pada banyak pihak dan pemikiranku selama ini, ada 5 tips sederhana dalam meniti kebebasan finansial  sejak kini. Memang paling ideal start sejak mulai mendapatkan penghasilan. Tips ini sebaiknya dilaksanakan secara disiplin, penuh dedikasi dan terus belajar dari banyak pihak terus.
Kebebasan finansial yang dimaksud di sini sederhana yaitu tanpa bekerja passive income atau pendapatan dari inevstasi dapat untuk menghidupi kebutuhan hidup keluarga kecil (suami/istri dan anak-anak)  sampai punya mantu dan anak berdikari, serta hidup masa tua tercukupi tanpa tergantung orang lain.
Pertimbangan penting yaitu masa produktif atau menghasilkan pendapatan umumnya berkisar antara 25 sampai 30 tahun.  Anggapan mulai bekerja umur 20 tahun dan pensiun umur 55 atau 60 tahun. Dengan pola yang biasa yaitu pendapatan diperolah dari bekerja plus usaha sampingan. Harapannya tips ini tentunya masih tetap bekerja atau secara realistis bisa dijalankan. Startnya makin cepat makin baik, selain itu  selalu dikembangkan pengetahuan dan ditingkatkan kisaran persentasenga jika memungkinkan.
5 tips sederhana yang bisa dilakukan, yaitu :
1. pendidikan adalah investasi utama
Salah satu pengungkit yang paling powefull (berdaya guna) sampai kapanpun adalah pendidikan. Selain pendidikan usia dini, SD, SMP, SMA, sarjana strata satu sampai 3, pendidikan non formal seperti kursus, diklat, seminar dan sejenisnya sangat membantu dalam pengembangan pribadi dan karier. Semakin tinggi dan dalam tingkat pendidikan, banyak hal yang bisa dilakukan dalam memahami banyak hal dalam kehidupan termasuk dalam pencapaian kebebasan finansial lebih cepat dan bijaksana.
2. tingkatkan karier dan kompetensi
Peningkatan karier dan kompetensi tidak hanya pendidikan namun pengalaman dan sharing dengan yang lebih berpengalaman atau istilahnya yang bisa dijadikan guru. Semakin banyak berguru atau menimba ilmu dari berbagai kalangan dan pihak terutama yang berkaitan dengan karier banyak hal yang bisa didapat dan tentunya akan mempermudah dan meningkatkan kepercayaan diri dalam meniti karier menuju tingkat lebih tinggi lagi. Cara paling mudah adalah mencontek orang yagn telah berhasil dalam karier seperti akrier yang sedang dijalani.
3. 10% tabung
Menabung sejak awal sangat dianjurkan, karena dengan menabung dan hidup sederhana, membuat hidup lebih nyaman. Berdasarkan pengalaman banyak pihak  tidak punya tabungan dan atau punya tagihan hutang membuat hidup tidak nyaman. Kehidupan nyaman dan terencana akan membuat pribadi lebih mudah berkembang dan nyaman dalam meningkatkan karier, tentunya pencapaian kebebasan finansial akan lebih mudah jika hidup nyaman bukan ?
4. 5 sd 10% disumbangkan
Berbagi adalah panggilan hidup, memperoleh penghasilan dan berkah adalah berkat jalan dari Tuhan Yang Maha Esa dan tentunya langsung atau tidak langsung atas peran serta sesama baik yang diketahui maupun tidak. Berbagi dengan sesama yang tidak beruntung adalah panggilan.
5. belajar terus berinvestasi
Tabungan 10% maupun kelebihan atas penghasilan perlu diinvestasikan pada instrumen yang tepat, seperti deposito, reksa dana, saham, emas, tanah, bangunan, waralaba, dan lain sebagainya. Tentunya pengetahuan dan pengalaman berinvestasi yang tepat diperlukan agar tabungan bisa berkembang untuk mendukung perencanaan di masa depan, baik untuk beli rumah, kendaraan transprotasi, menikah, menyekolahkan anak atau bahkan membantu pada saat mantu.
5 Tips sederhana di atas cukup sederhana namun jika dilaksanakan dengan disiplin dan terus ditambah pengetahuan dan pengalaman terus akan sangat berguna dalam mencapai pensiun dini kaya, tua bahagia, mati masuk surga.
Bagaimana menurut Anda ?