SELAMAT DATANG

Selamat menikmati artikel-artikel hasil copy & paste (Copas) berikut, semoga dapat menambah wawasan bagi pribadi yang ingin berkembang.

Sunday, December 2, 2012

CMS (Content Management System)

Pengertian CMS
CMS (Content Management System) merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk mengelola, mengedit, memperbaharui, dan publikasi konten dalam suatu web. Konten yang dimaksud adalah berupa teks, gambar, tabel, suara, video ataupun format lainnya yang dapat menunjang proses pembuatan suatu web. Dengan adanya CMS kita dimudahkan untuk mengubah ataupun memanipulasi isi dari suatu website.
CMS merupakan software berbasis web yang siap pakai yang sebelumnya telah di instalasi dan di konfigurasi oleh developer web. Sedangkan user dapat melakukan pengisian konten tanpa perlu mengerti tentang pemrograman web. CMS ini sangat memberikan kemudahan dari web site itu sendiri karena dapat meningkatkan performance dan fleksibilitas sebagai media untuk mempublikasikan produk/jasa yang kita tawarkan.
CMS dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan HTML. Untuk menggunakan CMS tidak diperlukan biaya yang mahal karena sudah banyak tersedia CMS gratis seperti WordPress dan Joomla. Anda dapat mendownloadnya secara gratis pada masing-masing situs resmi CMS tersebut. CMS dilengkapi juga dengan sistem auntentikasi kepada user agar keamanannya terjamin dengan memasukkan username dan password agar CMS-nya dapat diakses.
Manfaat CMS
  • Website pribadi/blog
  • Website perusahaan, organisasi, forum atau bisnis
  • Website layanan galeri
  • Website layanan video
  • Website toko online, dll
Contoh-Contoh CMS
  • WordPress
  • Joomla
  • Drupal
  • Mambo
  • Php Nuke
WordPress dan Joomla
Kali ini saya akan membahas 2 CMS yang terpopuler saat ini, yaitu CMS WordPress dan Joomla :

1. WordPress
CMS wordpress merupakan CMS yang paling banyak digemari oleh user pemula maupun yang sudah expert. CMS WordPress sangat mudah digunakan dan tampilannya sangat ramah terhadap pemula. WordPress sendiri memiliki keunggulan dalam hal SEO dan Plugin yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang sebuah website agar dapat memiliki kemampuan maksimal.

2. Joomla
Joomla merupakan CMS gratis yang tersusun atas bahasa pemrograman PHP dan basisdata MySQL. Joomla memiliki keunggulan dalam hal tampilan yang lebih professional dibandingkan dengan WordPress. Namun Joomla memiliki fitur yang lebih kompleks dibandingkan dengan WordPress karena banyak fitur yang sangat detail dalam CMS Joomla.